Pemanfaatan Fitur IGTV untuk Berbagi Berbagai Macam Konten dengan Durasi Video yang Panjang
PAPER
Pemanfaatan Fitur IGTV untuk Berbagi Berbagai
Macam Konten dengan Durasi Video yang Panjang
Disusun Oleh :
RIFQI AFIF FAUZAN (15119554)
3KA21
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI
INFORMASI
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2022
Media
Sosial
Media
sosial adalah media yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi,
berinteraksi, bekerjasama, dan berbagi secara online melalui internet. Media
Sosial berawal dari website yang terbentuk pada tahun 1995 dengan layanan site
Geocities, yaitu menyediakan sewa hosting untuk menyimpan data-data online agar
bisa diakses oleh banyak orang. Site Geocities merupakan tonggak lahirnya
berjuta-juta website lain di dunia online. Media sosial pun mengalami
perkembangan pada tahun 1997 sampai 1999 tercipta media sosial komunitas
pertama dengan nama Sixdegree dan Classmates, setelah itu pada tahun 2002 lahir
media sosial yang cukup terkenal yaitu Friendster.
Jenis-jenis dari media sosial itu sendiri antara lain Facebook untuk berinteraksi sosial dan berkomunikasi antar pengguna, Youtube untuk berbagi video, Instagram untuk berbagi foto dan video, dan masih banyak lainnya karena seiring berjalannya waktu, media sosial semakin bertambah banyak. Media sosial bermanfaat untuk menjadi sarana untuk menyampaikan pendapat, mencari informasi terbaru, dan bisa juga menjadi sarana belajar.
Instagram
adalah media sosial yang berguna untuk berbagi foto dan video. Kata “insta”
berarti instan dan “gram” berasal dari telegram. Maka Instagram memiliki arti memberikan
informasi atau berbagi foto dan video secara cepat. Instagram lahir dari sebuah
perusahaan bernama Burbn, Inc. yang berdiri pada 6 Oktober 2010, dan didirikan
oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang sekarang menjadi CEO dari Instagram.
Kedua CEO tersebut fokus pada aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi
foto dan video ditambah dengan fitur komentar dan menyukai konten yang akan
menjadi cikal bakal dari Instagram. Awalnya aplikasi ini hanya bisa digunakan
untuk pengguna Iphone saja. Pada 9 April 2012, perusahaan Facebook resmi
mengambil alih Instagram senilai hampir $1 miliar. Logo Instagram juga
menggambarkan kamera polaroid. Sekarang Instagram sudah bisa digunakan di
Iphone maupun Android.
Semakin
berkembangnya teknologi, Instagram memiliki banyak perkembangan fitur dan
konten, contohnya adalah Instagram Stories yang tercipta pada tahun 2016. Fitur
Instagram Stories berguna untuk berbagi foto dan video secara singkat dengan
maksimal 15 detik. Isi dari Instagram Stories bisa seperti kegiatan apa saja
yang dilakukan oleh penggunanya, Selain itu ada juga fitur yang bernama IGTV
yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video dengan durasi lama, hal ini
adalah perkembangan dari fitur berbagi video Instagram yang sudah ada lebih
dahulu dengan durasi maksimal 1 menit.
Instagram
memiliki dampak positif yaitu dapat digunakan untuk berjualan dengan fitur
Instagram Shop, Instagram dapat menjadi sarana bersosialisasi, menjadi media
informasi, dan menjadi media belajar. Selain itu, Instagram juga memiliki
dampak negatif untuk para penggunanya seperti membuat beberapa pengguna
kecanduan bermain Instagram, banyak cyber bullying yang terjadi di kolom
komentar, dan penyebaran berita hoax
banyak terjadi di media sosial Instagram.
Instagram Television (IGTV)
Instagram
Television atau yang bisa disebut dengan IGTV adalah fitur berbagi video yang
dimiliki oleh Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah suatu
video berdurasi hingga 60 menit. Fitur ini diperkenalkan oleh mantan CEO
Instagram Kevin Systrom pada tahun 2018.
IGTV dapat menampilkan video vertikal secara penuh sesuai dengan para
pengguna yang sering menggunakan smartphone secara vertikal. IGTV dimanfaatkan
beberapa orang untuk mengunggah video agar video tidak terpotong, karena fitur berbagi
video Instagram yang terlebih dahulu ada hanya bisa maksimal 1 menit. Tentu hal
ini sangat berguna untuk beberapa orang yang membuat video presentasi, video
musik, cover musik, dan video lainnya yang tidak hanya cukup 1 menit.
IGTV
juga dapat dimanfaatkan untuk Digital Marketing. IGTV dapat digunakan untuk
membangun komunitas pelanggan, seperti mengunggah video iklan yang berupa video
yang menarik calon konsumen, dan bertujuan untuk membangun hubungan yang baik
antara pebisnis dan konsumen dalam jangka waktu yang panjang. Loyalitas dan
kepercayaan konsumen juga akan terbentuk karena video marketing yang telah
diunggah. Penjualan juga akan meningkat karena IGTV bisa ditonton oleh banyak
orang sehingga dapat terjadi peningkatan Engagement.
Selain digunakan untuk bisnis, IGTV banyak digunakan untuk mengunggah video musik seperti yang dilakukan salah satu akun Instagram Indomusikgram. Video yang diunggahnya dapat berupa informasi tentang musik, cover musik, dan hal-hal yang sedang tren dalam dunia musik. Informasi-informasi berbentuk video yang menarik juga banyak diunggah di IGTV. Kelebihan dari fitur ini adalah tidak perlu pengikut yang banyak untuk memakainya, semua pengguna Instagram bisa menggunakan IGTV secara bebas, oleh karena itu IGTV menjadi platform pilihan kedua untuk mengunggah video. Kelemahannya adalah IGTV memerlukan kuota yang cukup banyak, karena durasinya yang lebih panjang, selain itu jika ingin nyaman ditonton, video yang diunggah harus berbentuk vertikal agar bisa layar penuh, dan jika video yang diupload itu horizontal, maka videonya akan terlihat kecil.
Refrensi:
- Watie, Errika Dwi Setya. 2011. “Komunikasi dan Media Sosial”. Semarang: Universitas Semarang
- Rahmah, Annisa Nur. 2018. “Pengaruh Penggunaan Fitur IGTV (Instagram Television) Terhadap Eksistensi Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara”. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara
- Sendari, Anugerah Ayu. 2019. “Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya”,
- https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya
- Wijaya, Finna Yunilia. 2018. “Dampak Positif dan Negatif Instagram bagi Remaja”,
- https://www.kompasiana.com/finnayuniliawijaya3637/5b07c0f7cf01b47f984c2232/dampak-positif-dan-negatif-instagram-bagi-remaja
- Ayano, Tiffany. “3 Kelemahan Fitur Instagram TV (IGTV)”,
- https://urbandigital.id/kelemahan-fitur-instagram-tv-igtv/
Komentar
Posting Komentar