Pemanfaatan Fitur IGTV untuk Berbagi Berbagai Macam Konten dengan Durasi Video yang Panjang

 

PAPER

Pemanfaatan Fitur IGTV untuk Berbagi Berbagai Macam Konten dengan Durasi Video yang Panjang

 


 

 

Disusun Oleh :

RIFQI AFIF FAUZAN (15119554)
3KA21

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2022


    


        Media Sosial

Media sosial adalah media yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi, berinteraksi, bekerjasama, dan berbagi secara online melalui internet. Media Sosial berawal dari website yang terbentuk pada tahun 1995 dengan layanan site Geocities, yaitu menyediakan sewa hosting untuk menyimpan data-data online agar bisa diakses oleh banyak orang. Site Geocities merupakan tonggak lahirnya berjuta-juta website lain di dunia online. Media sosial pun mengalami perkembangan pada tahun 1997 sampai 1999 tercipta media sosial komunitas pertama dengan nama Sixdegree dan Classmates, setelah itu pada tahun 2002 lahir media sosial yang cukup terkenal yaitu Friendster.

Jenis-jenis dari media sosial itu sendiri antara lain Facebook untuk berinteraksi sosial dan berkomunikasi antar pengguna, Youtube untuk berbagi video, Instagram untuk berbagi foto dan video, dan masih banyak lainnya karena seiring berjalannya waktu, media sosial semakin bertambah banyak. Media sosial bermanfaat untuk menjadi sarana untuk menyampaikan pendapat, mencari informasi terbaru, dan bisa juga menjadi sarana belajar.




Instagram

www.instagram.com

Instagram adalah media sosial yang berguna untuk berbagi foto dan video. Kata “insta” berarti instan dan “gram” berasal dari telegram. Maka Instagram memiliki arti memberikan informasi atau berbagi foto dan video secara cepat. Instagram lahir dari sebuah perusahaan bernama Burbn, Inc. yang berdiri pada 6 Oktober 2010, dan didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang sekarang menjadi CEO dari Instagram. Kedua CEO tersebut fokus pada aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video ditambah dengan fitur komentar dan menyukai konten yang akan menjadi cikal bakal dari Instagram. Awalnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Iphone saja. Pada 9 April 2012, perusahaan Facebook resmi mengambil alih Instagram senilai hampir $1 miliar. Logo Instagram juga menggambarkan kamera polaroid. Sekarang Instagram sudah bisa digunakan di Iphone maupun Android.

Semakin berkembangnya teknologi, Instagram memiliki banyak perkembangan fitur dan konten, contohnya adalah Instagram Stories yang tercipta pada tahun 2016. Fitur Instagram Stories berguna untuk berbagi foto dan video secara singkat dengan maksimal 15 detik. Isi dari Instagram Stories bisa seperti kegiatan apa saja yang dilakukan oleh penggunanya, Selain itu ada juga fitur yang bernama IGTV yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video dengan durasi lama, hal ini adalah perkembangan dari fitur berbagi video Instagram yang sudah ada lebih dahulu dengan durasi maksimal 1 menit.

Instagram memiliki dampak positif yaitu dapat digunakan untuk berjualan dengan fitur Instagram Shop, Instagram dapat menjadi sarana bersosialisasi, menjadi media informasi, dan menjadi media belajar. Selain itu, Instagram juga memiliki dampak negatif untuk para penggunanya seperti membuat beberapa pengguna kecanduan bermain Instagram, banyak cyber bullying yang terjadi di kolom komentar, dan  penyebaran berita hoax banyak terjadi di media sosial Instagram.


    


        Instagram Television (IGTV)


Instagram Television atau yang bisa disebut dengan IGTV adalah fitur berbagi video yang dimiliki oleh Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah suatu video berdurasi hingga 60 menit. Fitur ini diperkenalkan oleh mantan CEO Instagram Kevin Systrom pada tahun 2018.  IGTV dapat menampilkan video vertikal secara penuh sesuai dengan para pengguna yang sering menggunakan smartphone secara vertikal. IGTV dimanfaatkan beberapa orang untuk mengunggah video agar video tidak terpotong, karena fitur berbagi video Instagram yang terlebih dahulu ada hanya bisa maksimal 1 menit. Tentu hal ini sangat berguna untuk beberapa orang yang membuat video presentasi, video musik, cover musik, dan video lainnya yang tidak hanya cukup 1 menit.

IGTV juga dapat dimanfaatkan untuk Digital Marketing. IGTV dapat digunakan untuk membangun komunitas pelanggan, seperti mengunggah video iklan yang berupa video yang menarik calon konsumen, dan bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara pebisnis dan konsumen dalam jangka waktu yang panjang. Loyalitas dan kepercayaan konsumen juga akan terbentuk karena video marketing yang telah diunggah. Penjualan juga akan meningkat karena IGTV bisa ditonton oleh banyak orang sehingga dapat terjadi peningkatan Engagement.

Selain digunakan untuk bisnis, IGTV banyak digunakan untuk mengunggah video musik seperti yang dilakukan salah satu akun Instagram Indomusikgram. Video yang diunggahnya dapat berupa informasi tentang musik, cover musik, dan hal-hal yang sedang tren dalam dunia musik. Informasi-informasi berbentuk video yang menarik juga banyak diunggah di IGTV. Kelebihan dari fitur ini adalah tidak perlu pengikut yang banyak untuk memakainya, semua pengguna Instagram bisa menggunakan IGTV secara bebas, oleh karena itu IGTV menjadi platform pilihan kedua untuk mengunggah video. Kelemahannya adalah IGTV memerlukan kuota yang cukup banyak, karena durasinya yang lebih panjang, selain itu jika ingin nyaman ditonton, video yang diunggah harus berbentuk vertikal agar bisa layar penuh, dan jika video yang diupload itu horizontal, maka videonya akan terlihat kecil.




Refrensi:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masyarakat

Pasal-Pasal di Dalam UUD 1945 Tentang Persamaan Hak Asasi Manusia